8 AS yang Membuat Bangga dan Betah Kuliah di UMP

8 AS yang Membuat Bangga dan Betah Kuliah di UMP

Hal-yang-membuat-bangga-dan-betah-kuliah-di-UMN

" Guys, nanti kalian mau kuliah dimana sih?" Tanya seorang temanku dari grup whatsapp.
"Aku sih mau pilih kampus yang berkualitas dan tentunya dikenal" Balas salah seorang temanku.
"Kayaknya aku mau cari kampus yang punya lulusan berkualitas deh, soalnya lulusan yang berkualitas merupakan cerminan dari kampus yang berkualitas pula" Balas yang lain.
"Kalau aku mau kuliah di kampus islam aja, biar lebih mendalami agama, biar jadi anak saleh, hehe"
"Aku kayaknya ngga bakal kuliah deh, soalnya orang tua aku ngga punya biaya, padahal aku tuh pengen banget merasakan bangku kuliah" Keluhan sahabatku.
"Ih, jangan kayak gitu deh, ada loh kampus bagus yang menyediakan beasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu dan berprestasi"
"Iya, kita bakal kuliah gratis di kampus yang keren, asalkan kita berprestasi dan mencari kampus yang tepat"
"Iya, semangat ya jangan putus asa"

•••

Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi merupakan hal yang dicita-citakan orang banyak setelah lulus dari sekolah menengah. Karena dari perguruan tinggi, tentunya kita dapat lebih menyelami ilmu pegetahuan lebih dalam lagi. Untuk mencari lapangan pekerjaan pun akan lebih diutamakan bagi orang-orang yang berkualitas.

Kuliah di kampus berkualitas dan favorit merupakan idola setiap orang. Tidak jarang apabila seluruh tenaga dan pengorbanan rela dihabiskan apabila sudah doyan dengan kampus tersebut. 

Mengapa harus memilih kampus idola? Ya, tentu saja, karena tidak semua kampus dapat mencuri perhatian orang-orang. Masih ada beberapa kampus di Indonesia yang hadir dengan fasilitas dan kulitas yang pas-pasan.

kali ini saya ingin memperkenalkan salah satu kampus swasta yang tidak kalah fasilitas dan kualitasnya dibanding kampus-kampus ternama di Indonesia, yaitu Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Universitas Muhammadiyah Purwokerto atau UMP merupakan perguruan tinggi swasta terbesar di Jawa Tengah bagian Barat yang berprestasi dengan akreditas B. UMP menduduki peringkat 2 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) terbaik di Jawa Tengah, serta menduduki peringkat ke-6 di Indonesia.

UMP secara aktif mengembangkan kerja sama Internasional dengan 45 perguruan tinggi ternama dunia dalam bidang riset dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Selain itu, UMP saat ini juga memperkenalkan kerjasama dalam negeri dengan 82 mitra strategis, diantaranya instansi pemerintah daerah, rumah sakit dan industri terkemuka di seluruh Indonesia

Saat ini, UMP memiliki 11 fakultas dengan 33 program studi. Kampus ini telah berkembang menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang diperhitungkan, hal ini terlihat dengan meningkatnya jumlah mahasiswa yang diterima secara terus-menerus. Dengan didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai, UMP membekali para lulusannya dengan ilmu pengetahuan unggul yang dibalut dengan jiwa islam, sehingga diharapkan agar lulusan UMP dapat menjadi rahmatan lil 'alamin.

Berikut adalah 8 AS yang akan membuat kamu bangga dan betah kuliah di Universitas Muhammadiyah Purwokerto :

1. Berkualitas

Berkualitas
Hal paling penting yang menjadi pertimbangan bagi calon mahasiswa untuk memilih perguruan tinggi adalah kualitasnya. Pasti tidak ada orang yang mau melanjutkan pendidikan tinggi di kampus dengan kualitas pas-pasan.

Universitas Muhammadiyah Purwokerto hadir sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang  mampu menciptakan karakter dan kemampuan yang bertaraf, baik dalam bidang akademik maupun non akademik. UMP mengedepankan pendidikan yang unggul, modern dan islami. Hingga saat ini, UMP telah berhasil mencetak generasi emas sebanyak 33.201 alumni yang tersebar di berbagai lapangan pekerjaan. Selain 3 kualitas pendidikan di atas, UMP juga membumbui mahasiswa dengan pelatihan khusus kepada seluruh mahasiswa sebelum mengikuti wisuda, antara lain : 'BEST' (Becoming Excellent Student Training), 'SMART' (Softskills Management and Resolution Training) dan 'SUCCES' (Spiritual Up dan Career Competencies Empowering by Softskills). Pelatihan tersebut dilakukan untuk menambah wawasan mahasiswa dalam melatih mental yang lebih baik serta menciptakan lulusan yang lebih berkarakter.

2. Fasilitas

Fasilitas-lengkap
Untuk menjadi kampus idaman tentunya harus dihiasi dengan segudang fasilitas. Tidak hanya sebagai hiasan atau pajangan, namun fasilitas tersebut dapat melengkapi kebutuhan generasi bangsa dalam menyelami ilmu.

Universitas Muhammadiyah Purwokerto hadir dengan fasilitas yang berkualitas. Tenaga pengajar yang handal membuat proses belajar-mengajar menjadi lebih berkapasitas. Dalam hal fasilitas kampus, penambahan ruang kelas secara terus-menerus masih melakukan proses optimalisasi dan perkembangan. Selain itu, pengembangan di bidang IT juga sudah dikembangkan sampai saat ini. Dengan teknologi ini nantinya dapat mengawasi kinerja dosen dan para pegawai, sehingga apa yang ditargetkan dapat tercapai dengan jelas. Hal ini tentunya menjadi cita-cita agar UMP menjadi kampus islam yang modern dengan berbasis IT yang dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan industri 4.0. 

Tahun ini, UMP akan membangun gedung dengan kapasitas 10 lantai, serta asrama dengan kapasitas 500 mahasiswa, dengan harapan mereka dapat menghafal Alquran minimal 20 juz dan mahir berbahasa inggris hingga mencapai skor TOEFEL minimal 500. Tidak sebatas itu, UMP juga akan membangun mahad (pondok pesantren) untuk belajar bahasa Arab yang merupakan kerja sama dengan Timur Tengah.

Untuk mengimplementasikan visi UMP yang unggul, modern dan islami, saat ini mulai dikembangkan laboratorium di setiap fakultas. Salah satunya adalah laboratorium fakultas kedokteran yang saat ini sudah mendapatkan pengelolaan yang cukup baik. Seluruh penggunaan tempat, persediaan alat dan  kapasitas sudah menggarap sistem daring (online).

Kalau kampus dengan fasilitas ini, bagaimana kamu tidak betah kuliah di sana?

3. Berbasis Islam

Berbasis-islam
Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Ya, dari namanya saja pasti kalian sudah tahu bahwa UMP adalah kampus yang  menanamkan nilai-nilai islam di dalamnya.

Tidak hanya untuk mahasiswa, mereka juga melakukan program pengkinian data kemampuan baca Alquran untuk dosen. Setelah seluruh dosen melaksanakan program ini, maka disusul oleh seluruh karyawan yang ada di UMP. 

Dalam hal ini UMP mengkonsep ciri khas dalam lima hal, yakni islam dalam tata kelola, islam dalam sarana dan prasaranaa, islam dalam sumber daya manusia, islam di kemahasiswaan serta islam pada proses. Hal ini ditujukan bukan saja untuk mengangkat kampus UMP menjadi berkualitas dalam bidang akademik, tetapi juga unggul dalam karakter dan agama.

UMP selalu berupaya untuk mencetak sosok insan muslim Indonesia yang mampu memberikan solusi yang tepat dalam kehidupan di lingkungan individu, masyarakat, bangsa dan kemanusiaan global.

4. Masjid yang Indah

Masjid-yang-indah
Fasilitas ini menjadi hal yang paling utama untuk dipenuhi, karena rumah ibadah adalah tempat utama bagi seluruh umat muslim untuk salat berjemaah serta melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya. Untuk itu UMP menaruh perhatian lebih terhadap pemenuhan fasilitas ini, bangunan masjid yang luas dan megah membuat aktivitas ibadah sehari-hari menjadi lebih nyaman di kampus tersebut.

Universitas Muhammadiyah Purwokerto juga melestarikan gerakan salat 5 waktu secara berjemaah di masjid tersebut. Hal ini menjadi cerminan dari kampus yang islami, sehingga dapat memberikan contoh yang hasanah bagi masyarakat. Setelah diadakannya salat berjemaah, akan diisi dengan kajian-kajian yang islami. Hal tersebut membuat UMP menjadi kampus yang mengakomodasi keseimbangan dunia dan akhirat.

5. Berprestasi

Berprestasi
Pengembangan Universitas Muhammadiyah Purwokerto bukan hanya dari sisi pembangunan dan kualitas dosennya saja. Sebab UMP selalu berupaya untuk mencetak generasi yang berprestasi dari segala bidang.

Mahasiswa UMP saat ini selalu mengukir prestasi di wajah kampusnya. Berbagai perlombaan selalu diikuti dan tidak jarang sampai beradu di tingkat nasional. Penghargaan-penghargaan berupa medali telah banyak dicuri melalui prestasi oleh mahasiswa UMP.

Beberapa prestasi yang diraih oleh generasi emas dari UMP antara lain : Mahasiswa menyulap ban bekas menjadi penguat beton, merebut piala kejuaraan dari walikota, memborong kejuaraan di invitasi kopertis VI wilayah Jateng, meraih juara paduan suara di art vaganza di PKN STAN, alumni yang meraih juara 1 polantas teladan, atlet pencak silat meraih 16 medali kejuaraan tingkat nasional, dan masih banyak lagi.

Bagaimana dengan kamu calon mahasiswa UMP, sudah siap meraih prestasi-prestasi membanggakan itu?

6. Akreditas perpustakaan A

Akreditas
Tahu kah kalian bahwa sejak tahun 2016 lalu perpustakaan UMP sudah mengantongi akreditas A. Pelayanan, pustakawan dan tenaga administrasi yang berkompeten mendongkrak kualitas perpustakaan UMP menjadi semakin di depan. Selain itu koleksi buku yang dimiliki oleh perpustakaan ini sudah cukup lengkap. Bagaimana tidak, sudah mendapatkan akreditas A kok.

Perpustakaan UMP ini juga terus mengajak mahasiswa untuk lebih mahir dan kreatif dalam menulis di era milenial melalui kegiatan workshop. Hal ini dilakukan untuk melahirkan mahasiswa-mahasiswa penulis yang memiliki prestasi.

7. Suasana

Suasana
Suasana yang nyaman dan hijau merupakan dambaan setiap kampus untuk menunjang proses belajar yang tentram. Tentu saja UMN tidak melepaskan perhatiannya terhadap hal ini. Meningkatkan kenyamanan dan menciptakan lingkungan asri merupakan solusi yang terus dikembangkan oleh kampus keren ini. Dengan begitu kondisi belajar mengajar akan terjalin lebih nyaman. Selain itu, setiap mahasiswa akan semakin naim untuk berlama-lama di kampus ini. Bagaimana tidak? ada Wi-Fi gratis kok, hehe.

8. Beasiswa

Beasiswa
Universitas Muhammadiyah Purwokerto menempatkan perhatian lebih kepada mahasiswa-mahasiswa berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik. Sehingga UMN menghadirkan banyak pilihan beasiswa untuk mereka. Beasiswa itu antara lain : beasiswa berprestasi, beasiswa kader kemuhammadiyahan hafiz Alquran, beasiswa dari berbagai instansi serta beasiswa bagi yang memiliki prestasi non akademik. Selain untuk program sarjana, UMP juga menawarkan program beasiswa S3 ke Cina dan Australia.

Tidak sampai disitu, UMN juga tidak mengabaikan calon mahasiswa yang memiliki kekurangan dalam bidang finansial. Karena kekurangan finansial bukan menghalangi seseorang untuk memenuhi hak nya dalam bidang pendidikan. Untuk itu UMN ikut berpartisipasi dengan menyediakan beasiswa bidikmisi. Jadi untuk kamu yang terkendala dalam bidang ekonomi jangan khawatir, karena UMN hadir sebagai solusi untuk menciptakan tunas bangsa yang berkarakter dan berkualitas.

Demikianlah beberapa  alasan yang membuat kamu menjadi bangga dan betah untuk kuliah di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Beberapa alasan tersebut tentunya menjadi bekal untuk menjadikan kampus UMP makin mendunia

Bagi kamu yang ingin masuk ke UMP, siap-siap deh, kamu akan dibalut menjadi generasi yang unggul, modern dan islami.

Terimakasih

Read more »l
Berita Hoaks Bahayakan Pemilu 2019

Berita Hoaks Bahayakan Pemilu 2019


Pemilu-yang-damai-berkualitas-dan-bermartabat


Berita bohong (hoaks) memang sudah ada sejak dahulu, sebelum zaman canggih ini. Namun hadirnya teknologi membuat kebohongan berita tersebut menjadi lebih mudah viral di media sosial. Akibatnya berita hoaks akan semakin menghiasi lini masa kita, yang akhirnya akan mempertaruhkan iklim kondusifitas dan ketertiban masyarakat demi kepentingan sesaat.

Penyebaran berita hoaks ini tercermin dari budaya masyarakat Indonesia pada bangku sekolah. Pada saat ulangan misalnya, siswa yang mengumpulkan kertas ulangan mereka lebih awal akan dianggap lebih pintar oleh teman-temannya. Begitu juga dengan berita-berita hoaks ini, tanpa mencari kebenaran  terlebih dahulu, mereka akan berlomba-loma menjadi orang pertama untuk men-­share berita tersebut.

Menjelang pesta demokrasi, tampaknya berita hoaks ini semakin lestari. Menaikkan isu-isu fitnah politik serta menjadi sumber provokasi merupakan misi utama dari aktor dibalik pembuat berita hoaks tersebut. Akhirnya taktik ini lah yang digunakan untuk kampanye secara tidak langsung melalui media sosial. Hal ini tidak saja digunakan untuk menyerang lawan, tetapi juga mempengaruhi publik khususnya penyelenggara pemilu.

Saat ini cukup banyak website yang menggunakan jasa iklan untuk menaikkan rating mereka. Akibatnya viewers pun akan semakin meningkat, sehingga semakin banyak pula orang yang menjadi korban adu domba. Ihwal itu hanya diakibatkan oleh satu hal, yakni sifat netizen yang malas membaca. Sehingga judul dan cover berita yang berlebihan akan menyebabkan kesalah pahaman.

Berita hoaks ini juga sering kali memiliki frekuensi yang tinggi, sehingga seolah-olah dianggap menjadi sebuah kebenaran. Selain itu, rendahnya literasi masyarakat membuat akses berita hoaks masuk ke dalam ranah lingkungan menjadi lebih mudah.

Menurut kementerian komunikasi dan informatika, mulai dari Agustus hingga Desember 2018 lalu sudah ditemukan sebanyak 62 isu-isu politik yang merupakan berita hoaks. Publikasi hoaks dengan frekuensi tinggi ini tentunya menjadi benalu terhadap pemilu 2019 mendatang. Selain itu, penyebaran gimik yang bersifat provokasi ini juga akan menjadi parasit bagi proses demokrasi yang damai, berkualitas dan bermartabat.

Dalam kasus ini tentunya kita tidak bisa sepenuhnya menyalahkan penikmat media, mereka dipengaruhi oleh berita provokatif yang mereka anggap benar. Misalnya dalam berita hoaks yang terjadi baru-baru ini yaitu kasus surat suara yang sudah tercoblos. Kubu pertama tentunya merasa difitnah akan keberadaan berita ini, sedangkan kubu yang lain justru merasa menjadi korban kecurangan. Hal tersebut tentunya sulit untuk ditengahi, karena kedua kubu merasa dirinya memegang kebenaran. Dalam kasus ini, lembaga yang dapat mengklarifikasi ‘kebenaran’ berita yang sesungguhnya adalah aparat pemerintah.

Dalam pasal 28 ayat 1 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau Undang-Undang ITE, disebutkan bahwa "setiap orang yang dengan sengaja dan  tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang menyebabkan kerugian konsumen dalam transaksi elektronik” ancamannya bisa terkena pidana maksimal enam tahun dan denda maksimal Rp 1 miliar.

Pasal tersebut tentunya sudah menjadi ancaman yang cukup kuat bagi masyarakat agar insaf dengan penyebaran berita-berita hoaks tersebut. Bahkan belakangan ini juga sudah terlihat bukti nyata terhadap penangkapan beberapa orang yang terbukti menyebarkan berita hoaks. Namun para provokator tersebut nampaknya tidak terusik dengan isu-isu palsu yang terus mereka kembangkan. Mungkin tindakan yang lebih tegas perlu diterapkan oleh pemerintah Indonesia, karena undang-undang yang kuat saja tidak dapat menjadi jaminan untuk memberantasnya, salah satunya dibutuhkan tindakan yang lebih tegas dan cepat.

Selain peraturan diatas tentunya pemerintah perlu mengedukasi publik khususnya calon penyelenggara pemilu 2019 mendatang agar tidak mudah terprovokasi. Karena tahun politik ini akan menjadi tahun penyesatan publik melalui isu-isu fitnah yang dilakoni oleh aktor-aktor politik.

Dibalik itu semua, solusi utama agar tidak mudah terprovokasi dengan berita-berita hoaks tersebut adalah dari masyarakat sendiri, khususnya pengguna smartphone. Karena banyak mereka yang menggunakan smartphone tetapi tidak smart. Sehingga dibutuhkan sikap cermat, hati-hati serta kecerdasan dalam menyaring setiap informasi. Hal tersebut akan memberikan dampak yang lebih baik untuk pemilu yang bersahabat dan bermartabat kedepannya.

Ada beberapa sikap yang harus dimiliki oleh masyarakat agar terhindar dari pemberitaan-pemberitaan hoaks.

pemilu-yang-berkualitas

Selektif

Masyarakat harus mampu membuat pilihan serta melakukan penyeleksian terhadap berita-berita yang beredar di media sosial. Apakah berita tersebut termasuk kedalam berita yang benar atau justru memprovokasi.

Simak

Masyarakat harus mampu menyimak berita secara jeli. Yakni menyimak berita secara keseluruhan, bukan hanya dari judul atau cover berita saja.

Saring

Informasi yang didapatkan harus disaring, serta dapat memilih dan memilah mana berita yang benar dan mana berita yang terlihat benar.

Simpulkan

Setelah melakukan penyaringan, pastinya sudah dapat disimpulkan bahwa berita tersebut benar atau salah. Apabila tidak dapat menyimpulkan, maka lanjut ke tahap berikutnya.

Selidiki

Apabila tidak dapat mengambil sebuah kesimpulan maka saatnya masyarakat harus cerdas dan menyelidiki berita tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan verifikasi terhadap sumber berita. Apakah berita tersebut berasal dari sumber terpercaya atau sumber abal-abal.

Sikapi

Menyikapi berarti mengambil tindakan, setelah menyelidiki sebuah berita dan sudah mengertahui berita tersebut benar atau salah, maka saatnya untuk mengambil tindakan. Pada poin ini kita harus mengambil tindakan yang tepat.

Share Sahuti dan setop

Apabila berita yang diperoleh adalah berita yang benar dan bernilai, silahkan membagikan informasi tersebut kepada publik, hal tersebut tentunya dapat menunjang pemerataan informasi.

Jika berita yang diperoleh adalah hoaks setelah melalui beberapa tahapan di atas, maka saatnya masyarakat bertindak untuk menyahuti orang yang menyebar berita tersebut. Sampaikan bahwa berita yang ia bagikan adalah berita hoaks. Setelah itu setop perbuatannya untuk menyebar fitnah. apabila tidak mampu memberhentikannya, maka laporkan kepada pihak yang berwajib.

Dari kedelapan poin tersebut, diharapkan kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya calon penyelenggara pemilu 2019 mendatang untuk lebih smart dalam menggunakan smartphone dan media sosial. Diharapkan untuk tidak ‘menyantap’ begitu saja semua berita-berita yang tersaji di media sosial. Karena semakin cerdas kita dalam menyikapi sebuah berita politik, maka akan semakin tepat pula kita memilih seorang pemimpin.

Walhasil, saya ingin mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk lebih cermat  dan waspada. Berbeda pilihan bukanlah sebuah hal yang membuat kita terpecah belah. Siapa pun yang menjadi pilihan kita, pemilu yang damai, berkualitas dan bermartabat tetaplah menjadi yang dicita-citakan. Sehingga nantinya terwujud sosok pemimpin yang adil, jujur dan berkualitas  menuju keberlanjutan pembangunan nasional bangsa Indonesia yang adil dan makmur.

Pesan untuk kita bersama, apabila mendapatkan sebuah berita, jangan lupa saring dahulu sebelum sharing, oke?

Pemilu-jujur-dan-berkualitas



TERIMAKASIH




BACA JUGA :







Read more »l
Pendalaman Karakter yang Berkemajuan di Luar Sekolah

Pendalaman Karakter yang Berkemajuan di Luar Sekolah

Pendalaman-karakter-yang-berkemajuan-di-luar-sekolah

Sekolah merupakan salah satu lembaga formal yang menjembatani kehidupan anak bangsa menjadi lebih maju, sehingga dapat membawa bangsa ini menuju titik yang dicita-citakan. Sekolah menjadi salah satu sumber penggalian ilmu pengetahuan. Nilai-nilai yang diterapkan di lingkungan sekolah dapat menjadi pengaruh positif bagi para pelajar. Tidak heran apabila pemerintah menempatkan perhatian lebih kepada lembaga pendidikan khususnya sekolah.

Namun dengan keterbatasan, tetap saja sekolah bukanlah pupuk komplit yang dapat memberikan  pertumbuhan sempurna untuk tunas bangsa. Ada beberapa unsur yang tidak dapat sepenuhnya ditemui di lingkungan sekolah. Mungkin ada, tetapi kurang mendalam. 

Untuk lebih mendalami, maka pendidikan di luar sekolah memiliki peran yang cukup penting. Pendidikan tersebut bukan hanya berkecimpung dalam ranah ilmu pengetahuan seperti ilmu sains, ilmu sosial, matematika dan sebagainya. Tetapi juga mengajarkan bagaimana cara mewujudkan cita-cita bangsa ini dan bagaimana bersosialisasi yang baik dengan lingkungan sekitar.

Berikut adalah beberapa pendalaman pendidikan yang perlu diterapkan di luar lingkungan sekolah untuk generasi yang berkualitas.

Pendalaman-Karakter-yang-Berkemajuan-di-Luar-Sekolah

•••


Pendalaman-agama-karakter-dan-moral
Agama menjadi unsur paling penting dalam kehidupan manusia. Segala urusan di dunia ini tidak terlepas dari ajaran agama. Pentingnya peran agama ini dibuktikan dalam butir pancasila yang diletakkan pada ayat pertama. Artinya segala urusan, problematika, serta jalannya negara Indonesia harus menempatkan "Ketuhanan yang maha esa" sebagai acuan utamanya.

Bagaimana jadinya apabila bibit-bibit bangsa memiliki hubungan buruk dengan agamanya? Tentu saja akan berdampak buruk pula bagi urusan-urusan yang lain. Karena pada dasarnya apabila seseorang menjalin hubungan baik dengan agamanya, maka hal-hal lain yang bersifat duniawi akan mengikuti pula. Lalu bagaimana dengan orang-orang yang tidak acuh akan agamanya? Maka mereka akan melakukan hal yang serupa pula terhadap kepentingan dan urusan duniawi.

Selanjutnya berbicara mengenai krisis karakter dan moral. Hal ini merupakan efek dari rendahnya nilai-nilai agama yang tertanam dalam pribadi seseorang.

Saya ingin mengajak anda untuk flashback sedikit. Apa yang ada dalam hati nurani anda ketika melihat berita ini?

Krisis-akhlak-dan-moral

Mari kita sedikit merenung. Apabila sekolah adalah tempat pembentukan karakter bangsa, mengapa kasus-kasus tersebut dapat terjadi berulang kali? Apakah sudah segundul itu moral anak bangsa? Apakah tidak ada nilai-nilai agama dan sopan santun yang mereka dapatkan dari keluarga?

Terkikisnya moral bangsa dipengaruhi oleh lingkungan sekitar serta berkurangnya perhatian dan pendidikan dari keluarga. Beberapa penyebab utamanya adalah kurangnya kasih sayang dari keluarga, orang tua yang terlalu sibuk dengan pekerjaan hingga menelantarkan anak-anaknya, pergaulan bebas dan sebagainya.

Berbicara mengenai agama, akhlak, moral dan sebagainya, pendalaman tersebut tidak dapat diserahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah. Pendidikan di luar lingkungan sekolah, khususnya keluarga menjadi aktor utama yang memegang kendali terpenting. Sehingga peran keluarga terhadap karakter bangsa menjadi sangat vital.

Untuk memperbaiki keterpurukan tersebut, tentunya pondasi yang perlu diperbaiki adalah agama. Pendidikan agama menjadi solusi yang tepat dalam masalah tersebut. Tidak hanya di sekolah, pendidikan agama di luar sekolah justru harus lebih mendominasi. Melalui kegiatan-kegiatan keagamaan, misalnya melakukan kajian rutin setiap minggunya. Hal ini berlaku kepada semua agama di bangsa ini.

Selain itu membuat acara-acara keagamaan, perlombaan serta kegiatan rutin lainnya menjadi sangat penting pula. Tidak sebatas itu, para remaja juga membutuhkan bimbingan agar mereka memiliki tanggungjawab untuk lebih ambil alih dalam hal tersebut. Dengan begitu, peran mereka untuk  bekerjasama dalam beribadah akan menjadi lebih terjalin secara berkelanjutan.

Semakin baik nilai-nilai agama yang dimiliki oleh generasi bangsa, maka semakin baik pula akhlaknya. Semakin baik akhlaknya maka semakin makmur pula bangsa ini.

Pendalaman-pendidikan-budaya

Hidup di zaman teknologi yang serba canggih memang membuat segala kehidupan menjadi lebih instan. Tidak jarang pertukaran budaya antar negara pun semakin instan pula. Apakah salah? Tentu saja tidak apabila saling bertukar budaya dan nilai-nilai yang positif bagi masyarakat. Kalau tidak? Bisa berantakan. Budaya bangsa bisa jadi lenyap tergantikan dengan kebiasaan-kebiasaan yang "aneh".

Misalnya, pernahkah anda pergi ke mall, bioskop atau sejenisnya? Saya pribadi cukup sering merasakan ketidak nyamanan dengan cara berpakaian beberapa orang Indonesia disana, khususnya wanita. Bahkan semakin lama hal ini menjadi sebuah kebiasaan dan akhirnya menjadi sebuah tren bagi masyarakat. Itulah salah satu contoh yang nyata.

Menyikapi hal tersebut, tentunya pendidikan budaya yang ramah dan sopan santun menjadi sangat penting di luar lingkungan sekolah. Selain itu, kecintaan terhadap keberagaman budaya nusantara seperti alat musik, tarian, pakaian dan sebagainya juga sangat penting.

Semakin cinta anak bangsa akan budaya nusantara, maka akan semakin bersatu pula ia dalam keberagaman.

Pendalaman pendidikan budaya ini dapat ditempuh dengan membuat pelatihan dan kelas diskusi tentang adat istiadat. Misalnya, menggali potensi mereka yang gemar di bidang musik, lagu,  fashion dengan pakaian adat dan sebagainya.

Untuk menarik perhatian para muda-mudi agar berpartisipasi, pemerintah atau lembaga-lembaga yang bersangkutan dapat mencuri perhatian mereka dengan mengadakan festival-festival besar dalam setahun sekali misalnya. Dengan demikian mereka akan berlomba mencari tahu dan mencoba mengasah kemampuan mereka lebih serius lagi kemampuan mereka dalam budaya di daerah masing-masing.

Semakin didalami budaya ini, maka akan semakin tinggi pula eksistensinya di tengah-tengah masyarakat. Dengan demikian, kita bisa menunjukkan betapa beragamnya budaya Indonesia di kelas internasional. Hal tersebut tentunya dapat mengundang daya tarik para turis untuk lebih kepo, sehingga memungkinkan pula mendapatkan keuntungan bagi ekonomi bangsa.

Pendalaman-nasionalisme-dan-kebangsaan

Untuk menjaikan sebuah negara menjadi semakin kuat, sikap nasionalisme menjadi sangat penting diajarkan dan diterapkan. Karena apabila rasa nasionalisme dan kebangsaan melekat di hati masyarakat, maka the power of kebersamaan dan persatuan akan semakin kuat pula.

Banyak masyarakat khususnya generasi bangsa yang memiliki sikap nasionalisme yang rendah. Hal tersebut menyebabkan berkurangnya kesadaran dan kecintaan terhadap tanah air Indonesia.

Beberapa contoh sikap nasionalisme yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti menjaga ketertiban, mentaati hukum negara, mempertahankan dan memajukan bangsa, mencintai produk dalam negeri, menjunjung tinggi nilai kesatuan dan persatuan bangsa, ikut serta dalam upaya pembelaan negara dan sebagainya.

Dari beberapa contoh sikap nasionalisme tersebut bisa dilihat seberapa besar penerapannya dalam lingkungan saat ini. Menurut anda seberapa besar?

Untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan kebangsaan ini tentunya lingkungan sekolah saja tidak menjamin 100%. Untuk itu dibutuhkan tambahan pendidikan  di luar lingkungan sekolah.

Keluarga dan masyarakat memegang peran penting dalam hal ini. Dalam keluarga, misalnya bersikap adil terhadap sesama anggota keluarga, memegang erat tanggungjawab yang telah diamanahkan, serta menjaga nama baik keluarga dengan sikap dan perbuatan. Semua hal tersebut tentunya tidak akan didapatkan kecuali dari kedua orang tua dan keluarga.

Sedangkan di dalam lingkungan masyarakat, misalnya meningkatkan disiplin dan tanggungjawab terhadap kebersihan lingkungan, ikut andil dalam menjaga keamanan lingkungan, gotong royong dan saling membantu, serta memiliki nilai sosial yang tinggi.

Pendalaman-dan-penerapan-teknologi

Tidak dapat dipungkiri, teknologi memiliki peran yang sangat penting dalam memfasilitasi kehidupan masyarakat di era ini. Kemudahan yang ditawarkan menjadi salah satu hal positif yang memikat masyarakat untuk berperan aktif di dalamnya.

Namun tidak jarang penyalahgunaan teknologi semakin menjadi-jadi saat ini. Penipuan online, protitusi online serta kejahatan-kejahatan lainnya masih sering terjadi dalam lingkungan masyarakat. Tidak sebatas itu, dapat kita perhatikan data berikut (Sumber data : Kominfo).

Pendalaman-Karakter-yang-Berkemajuan-di-Luar-Sekolah

Dengan didominasi oleh remaja, tentunya penggunaan internet sangatlah disayangkan apabila hanya sekedar update status dan memberi komentar-komentar yang tidak bermanfaat di media sosial tersebut.

Banyaknya berita-berita hoaks yang tersaji di media sosial tentu saja mempengaruhi pola pikir anak bangsa. Belum lagi menu-menu busuk tersaji di internet yang dengan mudah dapat disantap 'lezat' oleh mereka. Hal ini tentunya berdampak buruk bagi mental, moral, dan etika para penerus bangsa.

Menyikapi hal tersebut, tentunya penggunaan internet yang sehat harus diajarkan dan diterapkan kepada masyarakat, khususnya anak-anak bangsa. Selain itu penggunaan internet  yang lebih cerdas  dan produktif tentunya perlu dilakukan. Sehingga mereka tidak hanya sebagai penikmat media saja.

Dalam hal ini tentunya sekolah saja tidak cukup untuk bertarung memperbaiki semua. Pendidikan di luar sekolah sangatlah penting untuk diterapkan. Melalui lembaga-lembaga tertentu, perlu diajarkan bagaimana penggunaan internet yang lebih cerdas dan produktif.

Salah satu lembaga yang berperan aktif dalam hal tersebut adalah DUMET School yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya kursus website, digital marketing dan desain grafis.

Lembaga tersebut tidak hanya memberikan dampak positif dalam hidup orang banyak melalui teknologi. Tetapi bisa pula membantu membentuk sumber daya manusia yang ahli dalam bidang teknologi. Serta mewujudkan sistem pendidikan di Indonesia dan dunia yang berkualitas pada bidang teknologi informasi.

•••

Demikianlah beberapa pendalaman yang perlu diterapkan di luar lingkungan sekolah. Untuk menerapkan hal tersebut, tentunya peran pemerintah dan lembaga-lembaga  yang bersangkutan sangatlah penting. Selain itu peran keluarga menjadi dorongan utama untuk menciptakan generasi emas Indonesia.

Pendalaman-Karakter-yang-Berkemajuan-di-Luar-Sekolah
Peran-sekolah-keluarga-dan-masyarakat-untuk-generasi-bangsa


Terimakasih

BACA JUGA :

7 Kiat Sukses Ujian Nasional





Read more »l
Pertama di Dunia! Laptop Ringkas Serbaguna Masa Kini

Pertama di Dunia! Laptop Ringkas Serbaguna Masa Kini






Ping.. 
Ping..
handphone-ku bergetar
"Jadi ngga besok bawa laptopnya?" tanya Fahri dari whatsapp.
"Jadi dong, aku mau stok film buat libur nanti, hehe" balasku singkat.
"Asiyaap! film horor sih ngga terlalu banyak, tapi kayaknya cukup deh buat libur 1 bulan ini, jatah aja 1 film 1 hari haha" responnya dengan candaan.

•••

Namaku Andika, aku adalah seorang mahasiswa yang suka mengisi waktu dengan menulis artikel di blog ini. Hal yang paling menyenangkan  bagiku adalah ketika hari libur tiba. Aku bisa bebas dari tumpukan tugas-tugas kuliah yang menghiasi malam-malamku.

Biasanya aku suka menonton film di laptopku. Film apa lagi kalau bukan film horor, hahaha. Tidak heran jika aku selalu menyediakan stok film-film horor di laptopku.

Hari ini adalah hari terakhir masuk kuliah, artinya besok sudah bisa pulang ke tanah kelahiran, tanah subur nan asri yang sudah lama aku rindukan. Banyak alasan-alasan tersendiri yang membuat aku lebih gemar tinggal di pedesaan. Selain berpijak di bumi yang masih hijau, suasana yang tenang membuatku lebih jatuh cinta dibanding bisingnya kondisi perkotaan.

•••

Hari pertama di desa, aku disambut dengan suhu udara 20℃ di malam hari. Lapisan selimut tebal tampaknya tidak mempan di atmosfer ini (mungkin melihat mantan jalan sama yang lain akan membuat panas, haha).

Hari-hariku di desa dihiasi dengan hal-hal yang menyenangkan. Dapat menyaksian bentangan alam yang asri, mencicipi kuliner yang langsung dari alam, sampai mengadaan kunjungan ke sekolah untuk mengadakan sharing kepada siswa-siswi SLTA yang akan melanjutkan pendidikan mereka ke tingat perguruan tinggi nantinya. Sharing ini dapat berupa pengalaman ujian nasional, ujian masuk perguruan tinggi, beasiswa di kampus dan sebagainya.

Pemandangan desa di pagi hari

Kelapa muda dari kebun

Sharing informasi perguruan tinggi untuk siswa SLTA

Semua aktivitas selama di desa sangat menyenangan serta memberian kenangan yang indah.


Kecuali laptopku...

•••

Di pagi hari, aku dibangunkan oleh aroma yang sepertinya aku kenal. Tiupan udara yang lembut mengirimkan aroma yang sangat wangi. Mata yang masih terpejam mulai mengintip perlahan. Aku dengan kondisi yang masih setengah sadar mulai bangkit dari tempat tidurku, lalu mencoba menelusuri sumber aroma itu. Ternyata ibu dengan sejuta kasih sayang tengah menyiapkan sarapan untuk sang buah hatinya.

Merasa ingin mencicipi udara pagi, aku akhirnya keluar menuju pohon mangga di depan rumah. Kedatanganku membuat burung-burung beranjak mengepakan sayapnya. Seketika timbul pikiranku untuk mengabaian momen ini melalui ukiran kata dalam paragraf. Aku kembali ke dalam kamar dan mencari laptopku yang berada di bawah tumpukan pakaian. Tak berpikir panjang aku langsung membuka laptop tersebut. Detak jantungku tiba-tiba mengencang ketika melihat layar laptopku retak. Kenapa bisa seperti ini? Dengan spontan aku langsung keringat dingin, sekujur tubuhku bergetar lemas. Penyesalan terbesar aku rasakan saat itu akibat meletakkan laptop di sembarang tempat.

Stok film horor yang sebelumnya aku kumpulkan di laptopku akhirnya hilang dan membatalkan semua rencana. Akhirnya aku pulang dengan membawa laptop rusak yang selama ini menemani aktivitasku.

Laptopku yang rusak

Ini adalah laptop yang sampai sekarang masih memberikan rasa trauma dalam diriku. Walaupun dengan kemampuan yang cukup lambat, ia selalu berhasil menyelesaikan tugas-tugasku, baik tugas kuliah,  mendesain sampai mengedit foto dan video. Meskipun dengan ketahanan baterai yang cukup buruk, tetapi ia mampu menyalurkan seluruh tulisan-tulisanku ke dalam blog ini. Juga dengan bobot yang cukup berat, aku selalu berusaha membawanya kemana-mana demi memenuhi kebutuhanku di segala aktivitas sehari-hari.

Namun, kini keluhan-keluhan itu sudah tidak ada, ia sudah beristirahat. Pasti aku akan merindukannya.


Dalam memilih laptop untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tentunya semua orang menginginan laptop yang ringkas. Baik digunaan sebagai laptop sehari-hari yang serbaguna, menikmati hiburan,  membuat konten sampai bermain game kasual.

Namun ternyata laptop yang tipis bukan berarti ringkas, karena banyak sekali laptop tipis yang masih memiliki dimensi yang besar. Salah satu penyebab utamanya adalah layar laptop yang sering kali memiliki desain dengan bezel lebar, sehingga membuat ukuran bodinya ikut melebar. Akibatnya, laptop menjadi tidak bisa dibilang ringkas, sehingga memerlukan ruang ekstra untuk menyimpan dan membawanya.


Sebagai produsen laptop terkemuka, ASUS terus mengembangkan cara agar laptop buatan mereka tidak hanya semakin tipis, tetapi juga semakin ringkas. Solusi yang ditawarkan ASUS kali ini adalah melalui teknologi eksklusif  NanoEdge Display yang membuat bezel pada empat sisi layar laptop dapat dibuat hanya dengan ukuran 2,8 milimeter sampai 5,9 milimeter saja. Laptop tersebut tentunya jauh lebih kecil dibandingan laptop lain yang bezelnya bisa mencapai 20 milimeter.

Pada kesempatan kali ini saya ingin memperenalkan laptop terbaik keluaran terbaru, yakni ASUS ZenBook Classik UX333, UX433, dan UX533.



Kali ini kita akan membahas mengenai 10 bagian terbaik dari ASUS ZenBook Classic keluaran terbaru ini, baik untuk seri UX333, UX433, maupun UX533





ZenBook terbaru ini buakan hanya sekedar canggih, tetapi juga sangat elegan dan kekinian berkat bezel-nya yang sangat tipis pada keempat sisi layarnya.

Seri ZenBook ini hadir dengan standar baru dengan ultracompact dan ultralight laptop, berkat penggunaan teknologi NanoEdge Display-nya, laptop ini memiliki dimensi yang paling ringkas  di kelasnya. NanoEdge Display ini mampu memaksimalkan tampilan layar dan meminimalisir penggunaan rangka dengan screen-to-body ratio hingga 95%. Inovasi ini membuat ZenBook  tersebut memiliki ukuran yang lebih kecil dari kertas A4.

ASUS menyampaikan bahwa laptop ini mampu menghadirkan pengalaman visual tanpa batas yang belum pernah ada sebelumnya. Ia merupakan standar baru untu  perangkat ultraportable.

Melengkapi NanoEdge Display yang kekinian, desain elegan pada bodi laptop ini juga semakin memukau  berkat konsep Zen dengan spunmetal finish di bagian belakang layarnya.

Mengantongi sertifikasi standar militer MIL-STD-810G, ZenBook terbaru ini lolos dari berbagai tahap pengujian eksterm, mulai dari uji ketinggian, uji suhu dan kelembapan, hingga uji banting dan getaran.

Jadi kamu tidak perlu khawatir apabila laptop ini diletakkan di sembarangan tempat. Terjatuh, terbanting, terinjak hingga ter ter lainnya tidak akan menimbulkan efek apa-apa dari laptop ini.



Pada video pertama terlihat lelaki tersebut menginjak laptop ASUS yang dipertontonkan di depan orang banyak. Setelah diperiksa ternyata  masih tetap menyala. Tidak sampai disitu pada sebuah chanel youtube, terlihat seorang youtuber mencoba me-rivew salah satu laptop ASUS ZenBook Classic seri UX433. Dengan berat badan 80kg, ia mencoba menginjak dan melompat di atas laptop tersebut. Sangat luar biasa, laptop itu tidak mengalami pengaruh buruk sama sekali, tetap menyala seperti semula. Kece abis deh. Ia mengakui bahwa laptop ASUS yang ia review tersebut nyaris sempurna baginya.






ZenBook terbaru ini  menggunakan layar dengan resolusi FULL HD (1920x1080 pixel) dengan tingkat reproduksi warna yang tinggi, yaitu mencapai 100% dalam color space sRGB.

Layar tersebut juga memiliki viewing angle (sudut pengelihatan) yang sangat lebar, yakni mencapai 178 derajat dan telah didukung dengan berbagai teknologi visual eksklusif seperti  ASUS Splendid dan ASUS Tru2Life Video untuk pengalaman visual yang sempurna.

Didukung dengan resolusi tinggi, teknologi NanoEdge Display mampu menghadirkan pengalaman visual yang lebih immersive dengan distraksi visual yang lebih minim, hal ini sangat cocok untuk ZenBook yang menyasar pengguna di bidang kreatif dan hiburan.

Pembeda utaama pada layar ZenBook Classic terbaru kali ini adalah ukurannya. ZenBook UX333 mengusung layar 13 inci, ZenBook UX433 mengusung layar 14 inci, sementara ZenBook UX533 mengusung layar 15 inci.





Kombinasi performa dan mobilitas adalah ciri khas utama seri ZenBook, dan tentu saja pada lini ZenBook Classic terbaru ini  masih hadir dengan ciri khas tersebut. Tiga lini ZenBook kali ini sudah ditenagai oleh prosesor Intel Core generasi ke-8 yang hemat daya sekaligus memiliki performa yang tinggi. Yakni Intel Core i5 8265U Quad Core Processor (6M Cache, up to 3.4GHz) dan Intel Core i7 8565U Quad Core Processor (8M Cache, up to 4.6 GHz). Sehingga meskipun ZenBook UX333 merupakan laptop 13 inici paling ringkas di dunia, spesifikasi yang diusung oleh laptop ini dapat disandingkan dengan laptop-laptop premium yang ukurannya lebih besar.

ASUS juga menyematkan discrete GPU NVIDIA ke dalam laptop ini. GPU tersebut membuat seri ZenBook Classic terbaru ini  semakin powerfull dalam hal performa grafis. GPU tersebut juga memastikan pengalaman visual yang jauh lebih baik dibandingkan laptop yang hanya menggunakan integrated GPU.

Tidak tanggung-tanggung, untuk ZenBook UX533 ASUS menyematkan GPU NVIDIA GeForce GTX 1050 Max-Q. Dengan menggunakan GPU powerfull tersebut ZenBook UX533 ini dapat diandalkan untuk menjalankan  berbagai aplikasi yang membutuhkan  performa grafis ekstra, seperti video editor. Selain itu GTX 1050 Max-Q juga membuat ZenBook UX533 ini bisa menjalankan berbagai macam game. Tentunya untuk masalah game, semua dapat dilibas dengan mulus menggunakan performa gahar tersebut.

Sementara itu di ZenBook UX333 dan ZenBook UX433, ASUS menghadirkan GPU NVIDIA MX150 yang sangat mumpuni untuk menemani kebutuhan bekerja dan hiburan sehari-hari. GPU ini juga sangat hemat daya dan membuat laptop terbaru ini bisa menemani penggunaan dalam waktu seharian.

Semua model ZenBook Classic terbaru kali ini juga sudah menggunakan NVMe PCIe SSD dengan performa tinggi berkapasitas hingga 512GB. NVMe PCIe SSD ini memiliki kecepatan baca dan tulis yang lebih cepat dibandingkan SSD SATA standar. Tidak sampai disitu, ZenBook kali ini juga ditemani  dengan RAM berkapasitas hingga 16GB. Sehingga semua aktifitas kamu, baik aktivitas yang ringan sampai pekerjaan yang berat sekalipun dapat dijalankan dengan ringan.

Semua spesifikasi tersebt membuat ZenBook Classic terbaru ini menjadi sangat ideal digunakan sebagai laptop sehari-hari yang serbaguna. Baik itu untuk bekerja, menikmati hiburan, membuat konten, sampai bermain game kasual.

Kamu takut laptop kamu bisa di otak-atik sama temen-temen kamu? Atau kamu ingin data-data pribadi kamu tersimpan lebih aman? Jangan khawatir!

ASUS ZenBook UX333, UX433 dan UX533 merupakan salah satu lini laptop yang dibekali  dengan sistem keamanan yang menggunakan  face recognition (sistem pengenal wajah) yang terintegrasi dengan Windows Hello. Fitur ini memungkinkan penggunanya  untuk masuk ke dalam sistem tanpa  harus memasukkan password ataupun PIN.

Semua seri ZenBook kali ini  hadir dengan 3D infrared (IR) Camera yang memiliki kemampuan  untuk memindai wajah  bahkan dalam kondisi gelap. Penggunaan kamera canggih ini dapat memungkinkan proses pemindaian wajah menjadi lebih cepat.

Penggunaan kamera infra merah khusus ini juga dapat memindai wajah secara akurat. Bahkan kamera seri ZenBook ini masih dapat mengenali penggunanya meskipun  menggunakan aksesoris seperti topi atau kacamata. Sistem keamanan ini membuat seri ZenBook Classic terbaru ini lebih aman sekaligus mudah digunakan. Bagaimana? keren bukan?

Tidak seperti laptop lain yang memposisikan kameranya di bawah layar agar bezel bagian atasnya tetap terlihat tipis. Seri ZenBook Classic terbaru ini tetap hadir dengan kamera yang berada di atas layar, dan tentunya tidak membuat bezel pada bagian atas layar menjadi lebar. Kekinian banget deh.



Berbicara mengenai kenyamanan, seri ZenBook Classic terbaru ini  dirancang secara khusus agar penggunanya semakin nyaman  ketika sedang mengetik.

ASUS menghadirkan full-size backlit keyboard yang membuat pengalaman mengetik lebih nyaman dari sebelumnya. Menggunakan key travel sejauh 1,4 milimeter, setiap tombol pada jajaran ZenBook Classic tersebut terasa sangat nyaman ketika ditekan. Ditambah dengan LED backlit, mengetik menggunakan laptop ini juga tetap nyaman meski dalam keadaan gelap. Jadi, kamu tidak perlu khawatir pekerjaan kamu akan terganggu ketika lampu padam. Hehe


Lagi asyik nonton drama Korea tiba-tiba laptop mati karena kehabisan batrai? Atau ketika lagi serius mengerjakan tugas, dibuat kesal dengan baterai yang cepat hasis? Tenang aja, laptop ASUS ini udah dijamin ngga bakal buat kamu bete deh..

ASUS ZenBook terbaru ini hadir dengan ketahanan baterai yang tinggi, yaitu 14 jam untuk seri ZenBook UX333 dan UX433, serta 16 jam untuk seri ZenBook UX533.

Ketahanan baterai tersebut memastikan penggunanya untuk beraktifitas seharian tanpa perlu  mengisi daya baterai lagi. Saat di perjalanan pun tidak perlu repot mencari colokan dan tidak perlu capek-capek membawa carger. Traveler? cocok banget deh pakai ini


Dirancang sebagai perangkat penunjang aktivitas  on-the-go. ZenBook 13 dan 14 hadir dengan fitur eksklusif ASUS NumberPad. Fitur ini merupakan  pengganti tombol numpad fisik yang tidak bisa dihadirkan pada laptop berukuran kecil. Walaupun dengan ukuran yang kecil, laptop ini tidak ketinggalan  fitur kok

Hanya dengan menekan ikon di ujung touchpad, NumberPad akan muncul dengan lampu LED yang sudah terintegrasi dengan touchpad. NumberPad ini berfungsi untuk pengguna yang sering memanfaatkan tombol numpad  untuk memasukkan data ataupun melakukan perhitungan lewat aplikasi kalkulator. 
Sementara pada ZenBook 15, ASUS tetap menghadirkan tombol numpad fisik karena dimensi laptop ini cukup besar untuk menampung tombol-tombol tersebut.


Sama seperti ZenBook lainnya, kenyamanan pengguna merupakan  salah satu prioritas utama ASUS . Kali ini ASUS hadir dengan fitur  teknologi ErgoLift Design. Teknologi ini mebantu bodi ZenBook Classic menjadi terangkat dan membentuk sudut 3 derajat. Posisi tersebut  membuat jajaran ZenBook Classic terbaru kali ini  semakin ergonomis dan nyaman untuk mengetik.

Berbicara mengenai fitur ErgoLife Design , posisi bodi dengan sudut 3 derajat tersebut juga memberikan keuntungan lain kepada pengguna. Karena bodinya terangkat, ZenBook ini juga akan memiliki rongga  ekstra dibawah bodinya ketika digunakan. Rongga ekstra tersebut membuat  sirkulasi udara akan semakin lancar  sehingga suhu komponen akan lebih terjaga. Selain itu rongga tersebut juga membantu  speaker pada laptop ini  menghadirkan performa audio  yang lebih baik.


Sebagai laptop yang bisa menemani berbagai kegiatan penggunanya, semua model ZenBook Classic ini sudah dilengkapi dengan gigabit-class WiFi serta ASUS WiFi Master Technologi  untuk memiliki koneksi yang cepat dan stabil.

Melengkapi konektivitas nirkabelnya ada pula Bluetooth 5.0 yang memungkinkan ZenBook ini dapat dihubungkan dengan berbagai perangkat terkini.

Sementara, konektivitas melalui kabel pada jajaran laptop ini disokong dengan serangkaian port. ZenBook Classic ini tampil dengan USB 3.1 Type-A sehingga penggunanya tetap bisa menghubungkan  berbagai perangkat yang dibutuhkan. Untuk perangkat modern, ASUS menyediakan USB 3.1 G2n 2 Type-C yang memiliki kecepatan transfer  data hingga 10Gbps. Sebagai tambahan, port HDMI, combo audio jack, dan pembaca kartu MicroSD ikut dihadirkan  di jajaran laptop ZenBook Classic terbaru ini.


ASUS ZenBook Classic terbaru ini hadir dengan dua pilihan warna yaitu Royal Blue yang membentuk kesan mewah dan premium. Sementaraa warna Icicle Silver hadir dengan nuansa unik dan elegan. Pilihan warna Burgundy Red juga akan hadir pada ZenBook UX333.

Sepertinya bakal bingung deh mau pilih yang mana, soalnya semua warnanya pada kece sih.

Warna Royal Blue

Warna Icicle Silver




All in One 

dengan ASUS


Bukan hanya 3-in-one! ASUS ZenBook Classic terbaru ini dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dalam satu genggaman yang serbaguna.

Laptop ini bukan hanya berukuran paling kecil di dunia pada 13, 14 dan 15 inci. Bahkan laptop ini memberikan kesempatan untuk menjelajah dunia dengan segala kemudahannya bersama ASUS. Bodi yang kecil dan ringkas tidak membuat kemampuannya dapat dipandang kecil pula.
Kecil-kecil cabe rawit.
All in one dengan ASUS!

Berikut adakah spesifikasi lengkap ASUS ZenBook Classic UX333, UX433 dan UX533 :


Main Spec.
ASUS ZenBook 13 UX333, ZenBook 14 UX433, ZenBook 15 UX533
CPU
Intel Core i5 8265U Quad Core Processor (6M Cache, up to 3.4GHz)
Intel Core i7 8565U Quad Core Processor (8M Cache, up to 4.6GHz)
Operating System
Windows 10 Home
Memory
Up to 16GB LPDDR3 RAM
Storage
512GB M.2 NVMe PCIe SSD
Display
13,3” (16:9) FHD (1920x1080) with NanoEdge Display (UX333)
14” (16:9) FHD (1920x1080) with NanoEdge Display (UX433)
15,6” (16:9) FHD (1920x1080) with NanoEdge Display (UX533)
Graphics
Discrete graphics NVIDIA GeForce GTX 1050 Max-Q (UX533)
Discrete graphics NVIDIA GeForce MX150 (UX333 & UX433)
Integrated Intel UHD Graphics 620
Input/Output
1 x USB3.1 Type-C (GEN 2), 1x USB 3.1 Type-A (Gen 2), 1x USB 3.1 Type-A (Gen 1), 1 x HDMI, 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x MicroSD Card Reader
Camera
HD IR/RGB Combo Camera
Connectivity
Dual-band 802.11ac gigabit-class Wi-Fi, Bluetooth 5.0
Audio
Harman Kardon certified audio system with ASUS SonicMaster surround-sound technology, Array microphone with Cortana voice-recognition support
Battery
50WHrs 3-cell battery (UX333 & UX433)
73WHrs 4-cell battery (UX533)
Dimension
(WxDxH) 302 x 189 x 16,9 mm (UX333)
(WxDxH) 319 x 199 x 15,9 mm (UX433)
(WxDxH) 354 x 220 x 17,9 mm (UX533)
Weight
1,19Kg with Battery (UX333 & UX433)
1,67Kg with Battery (UX533)
Colors
Royal Blue, Icicle Silver, Burgundy Red
Price
TBA
Warranty
2 tahun garansi global




Sumber foto : ASUS dan dokumentasi pribadi

Baca juga : 






Read more »l
Beranda